Studi Banding, Camat Sepatan Dadang Sudrajat Kunjungi Pelaku UMKM Kecamatan Panongan

LINTAS24NEWS.com – Pelaku UMKM Kecamatan Sepatan Studi banding ke Kecamatan Panongan Kabupaten Tangerang, pada hari selasa tanggal 09 November 2021.

Kunjungan Dipimpin langsung Camat Sepatan Dadang Sudrajat, S.Sos,M.M, M.Si. didampingi Kasi Ekbang Kecamatan Sepatan Evy Fetriati, SE,MM.

Camat Sepatan menuturkan, kunjungan atau Studi banding tujuannya untuk melihat dan belajar tentang proses pembuatan produk camilan khas berbahan dasar daun singkong bernama Keripik Janecho. Pemilik produk Janecho, Yuli Endras Prastiwi.

“Adapun tujuannya kemarin adalah agar kita bisa tahu dan cara mendapatkan legalitas untuk usaha kita,” kata Camat Dadang kepda lintas24news.com, Kamis (11/11/2021).

Baca Juga: Asah Kreativitas dan Promosikan Produk UMKM, Camat Sepatan Adakan Lomba Kreasi Masak

Baca juga:  PJPT Gandeng Buddha Tzu Chi dan ASG Salurkan Obat Gatal Ke Warga Terdampak Banjir Desa Tanjung Pasir

Karena masih dalam level 1, kata Dadang, tak banyak yang ikut dari pengurus. Yang berangkat studi banding hanya ada 4 orang saja.

“Mudah2an selanjutnya kita bisa bersama-sama semuanya mengunjungi pelaku UMKM yang hebat-hebat lainnya ya,” ujarnya.

“Semangat teman-teman, insyaAllah kita semua segera memiliki legalitas ya, agar dapat berkembang lebih luas lagi. Aamiin,” tambah Camat Dadang.

Sementara, Pemilik produk Janecho, Yuli menjelaskan, ide pembuatan produk tersebut berawal saat dirinya berfikir daun singkong hanya sebatas sayur. Kemudian dirinya berinovasi membuat keripik dengan bahan baku daun singkong agar dapat dinikmati masyarakat luas.

Baca Juga: PT Indonic Terancam Dilaporkan Ke Pemkab Tangerang dan DPRD Bila Tak Beri Tanggapan Dan Solusi

Baca juga:  Tindak Lanjut Penertiban Pasar dan Penanganan Sampah, Camat Lakukan Rapat Sosialisasi Tiga Pilar

Menurutnya, proses awal pembuatan adalah dengan memotong daun singkong lalu dicuci dan direbus. Setelah direbus, daun tersebut diperas kemudian diberikan bumbu, di kukus, dipotong lalu digoreng. Yuli menambahkan, Janecho Keripik Daun Singkong mempunyai keunikan rasa yang pastinya digemari generasi milenial.

Yuli Endras Prastiwi, mengapresiasi Camat Sepatan atas keseriusan untuk bela beli dan mendukung pelaku UMKM yang berada di wilayah Kecamatan Sepatan Kabupaten Tangerang.

Pada hari itu Kunjungan difokuskan di 3 UMKM yang ada di Kecamatan Panongan, yang berada di Kelurahan  Mekarbakti, Desa Ciakar dan Desa Panongan .Pada saat kunjungan masing-masing UMKM mempresentasikan sejarah dari produk pemasaran dan kiat sukses UMKM yang mereka produksi dan pasarkan. (Red/Ibg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *