Asah Kreativitas dan Promosikan Produk UMKM, Camat Sepatan Adakan Lomba Kreasi Masak

LINTAS24NEWS.com – Langkah unik dan edukatif dilakukan Camat Sepatan Dadang Sudrajat dalam rangka mempromosikan produk usaha kecil menengah (UMKM) dengan menggelar lomba kreasi masak, bertempat di Aula Kecamatan Sepatan pada Selasa (26/10/2021). Uniknya hampir keseluruhan olahannya berbahan dasar jengkol.

Beragam olahan dari jengkol tersebut dipamerkan oleh 101 peserta lomba dengan macam-macam jenis masakan, selain untuk lauk, cemilan, seperti semur, perkedel, rendang, balado, kripik/emping bahkan disajikan dalam bentuk minuman.

Camat Sepatan Dadang Sudrajat S.Sos., MM., M.Si mengungkapkan, tujuan diadakannya lomba kreasi masak bukan semata-mata mencari siapa yang hebat, melainkan untuk mengasah kreasi para peserta UMKM dan membangkitkan kembali perekonomian masyarakat khususnya yang ada di wilayah Kecamatan Sepatan.

“Tujuannya, para peserta UMKM agar dapat mengasah kreativitas didalam mengolah suatu bahan masakan,” ungkapnya kepada lintas24news.com disela-sela acara berlangsung.

Baca Juga: Camat Sepatan Dorong Industri Kreatif Tetap Bertahan Ditengah Pandemi Covid-19

Mengapa jengkol yang dijadikan bahan dasar dalam perlombaan kreasi masak tersebut dikatakan Dadang, karena warga Sepatan banyak yang berjualan jengkol.

Baca juga:  Pelaku DYS Cabuli Ponakannya Hingga Hamil Ancaman Pidana 15 Tahun Menanti

“Melihat dari sisi ini, ada nilai ekonomis yang bisa dikembangkan, terutama dari segi olahan. Mungkin kalau dijual jengkol nya begitu saja kurang berekonomis, tapi dengan diolah, di karya, akan lebih bernilai ekonomis,” terang Dadang Camat yang tak pernah habis dalam berinovasi.

Baca Juga: Ditengah Kesibukannya Memimpin Kecamatan, Dadang Sudrajat Torehkan Karya Berjudul Memimpin Dengan Gaya Pelangi

“Ini juga sebagai langkah mengembangkan ekonomi mikro kita, seperti yang kita tau dimasa pandemi ini banyak usaha yang terpuruk, mungkin dengan dilombakan kita bisa berinovasi,” kata Dadang menambahkan.

Diharapkan ke depan, di Sepatan walaupun tak ada pohon yang yang menghasilkan jengkol, namun bisa menghidangkan beragam olahan dengan berbagai macam kreasi.

Disaat yang sama, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tangerang Hj. Nurul Hayati, M.Si mengatakan, kegiatan lomba memasak ini bertujuan untuk mencari pelaku usaha yang memiliki kreativitas juga untuk mengembangkan produk lokal

Baca juga:  Polresta Tangerang Gelar Operasi Ketupat Maung Antisipasi Mudik Lebaran

“Mencari kreasi atau kreativitas dari pelaku usaha mikro khususnya yang ada di kecamatan Sepatan. Artinya, untuk mencari produk-produk lokal untuk mengembangkan dari berbahan jengkol,” ungkap Kadis Koperasi dan Usaha Mikro.

Baca Juga: Camat Dadang Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Pelajar Di SMK Negeri 2 Sepatan

Hj. Nurul selaku Kadis Koperasi dan Usaha Mikro mengaku akan mensuport para pelaku usaha mikro di Kabupaten Tangerang khususnya di Kecamatan Sepatan agar dapat berkreasi berkembang dan maju dalam memproduksi dan memasarkannya.

Mengingat legalitas dari suatu produk sangat penting, melihat dari sisi itu, Hj. Nurul mengatakan akan memfasilitasi para pelaku usaha seperti Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) atau lebel halal yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Kami tadi sudah sarankan seperti makanan kering untuk diajukan legalitasnya, kebetulan di kita nanti ada juga untuk legalitas, baik itu dari kementerian keagamaan maupun dari dinas koperasi kita akan fasilitasi itu,” jelas Hj. Nurul.

Baca juga:  Satgas Covid-19 PPKM Mikro Desa Karang Serang Bagikan Masker Dan Nasi Uduk Gratis

Karena masih pandemi, para peserta lomba tidak diperkenankan untuk hadir dalam acara lomba tersebut, melainkan hanya mengantar dan akan dinilai oleh juri dan diumumkan melalui Instagram resmi kecamatan Sepatan.

Lomba kreasi masak ini dihadiri oleh PKK Kabupaten Tangerang, Kadis Koperasi dan Usaha Mikro, Kabid Pariwisata yang sekaligus memberikan penilaian hasil kreasi masakan dari para peserta. (Red/Ibg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *