Vaksinasi Di Kelurahan Pabuaran Tumpeng Berjalan Tertib, Ujang Soleman: Masyarakat Tak Perlu Ada Kekhawatiran

LINTAS24NEWS.com – Dalam upaya memerangi serta memutus penyebaran Covid-19 yang saat ini sedang meningkat, pemerintah Kelurahan bersama Puskesmas Pabuaran Tumpeng, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang. Melaksanakan vaksinasi kepada masyarakat usia 18 tahun keatas, bertempat di Sekolah Dasar (SD) Negeri Paburan Tumpeng 1. Kamis (24/6/2020).

Kepala Puskesmas (Kapus) Paburan Tumpeng drg. Sri Nur Junaida selaku pelaksana kegiatan vaksinasi menuturkan, guna percepatan vaksinasi untuk mencapai head immunity, pelaksanaannya dilakukan dilokasi yang dekat dengan tempat tinggal masyarakat, sehingga mudah untuk dijangkau.

“Hari ini kita sasarannya 500 orang, untuk mencapai head immunity pelaksanaan vaksinasi kita lakukan dilokasi yang dekat dengan masyarakat agar mudah dijangkau juga,” kata drg. Sri Nur Junaida, kepada lintas24news.com saat ditemui dilokasi vaksinasi. Kamis, (24/6/2021).

Dikatakan drg. Sri Nur Junaida, dirinya hanya selaku pelaksana, sedangkan yang mencari dan menggerakkan sasaran (warga yang akan divaksin_red) serta pendataannya dilakukan pihak kelurahan.

“Kami dari Puskesmas atau tenaga medis hanya pelaksana, yang mencari dan menggerakkan sasaran dan mendata pihak kelurahan, melalui RT, RW,” terang Kapus.

Baca juga:  Digadang gadang Bisa Atasi Banjir, Jembatan di Jalan Raya Industri Benua Seolah Percuma

Lebih lanjut, drg. Sri Nur Junaida mengungkapkan, pihaknya telah membagi petugas menjadi 4 tim, dengan 4 tim tersebut, pelaksanaan vaksinasi bisa lebih cepat.

Vaksinasi berikutnya, masih Kapus, dijadwalkan pada 1 Juli 2021 mendatang, dengan kuota dosis vaksin sama 500.

“Kita ada lagi nanti berikutnya tanggal 1 Juli untuk wilayah Kelurahan Pabuaran tumpeng, dengan sasaran 500 lagi. Jadi, kami siap lah sebagai tenaga medis untuk vaksinasi masyarakat wilayah Kelurahan Pabuaran tumpeng,” ujarnya.

Bagi warga yang hari ini tidak bisa datang bisa melakukan vaksinasi ke Puskesmas Pabuaran Tumpeng dengan jadwal yang sudah ditentukan.

drg. Sri Nur Junaida meminta kepada masyarakat, agar peduli baik dirinya sendiri maupun sesama keluarga, tetangga atau siapapun terutama dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Tolong saling peduli, terapkan protokol kesehatan yaitu 5M, karena itu yang akan menolong kita. Ini masa masih pandemi covid. Jadi jangan abaikan protokol kesehatan, jangan lupa vaksinasi, kita sudah disiapkan, jadi manfaatkanlah vaksinasi ini. Hari ini dan hari kemudian, itu dua-duanya di tempat yang sama di sini,” tutupnya.

Baca juga:  Kelurahan Pabuaran Tumpeng dilakukan Verifikasi Program Kampung Iklim

Ditempat yang sama, Lurah Paburan Tumpeng Ujang Drs. Ujang Soleman. M.Si, mengatakan, pelaksanaan vaksinasi usia 18 tahun keatas dilaksanakan pada hari ini, dengan jumlah sasaran 500 pada posisi jam 12 tadi sudah hampir 300 lebih.

“Sudah lebih dari separuhnya, ada sedikit kendala namanya di masyarakat itu masih berfikir ada yang rasa takut dan sebagainya. Hari ini udah datang ke sini rasa takut ada, padahal itu sangat-sangat merugikan bagi yang bersangkutan,” terang Lurah Paburan Tumpeng yang akrab disapa Ujang.

Ujang menjelaskan, di Puskesmas sendiri ada skrining pada pemeriksaan, setelah di dilakukan skrining ternyata dinyatakan tidak boleh, berarti tidak bisa, itu ada aturannya semua.

“Itu tergantung nanti hasilnya ada yang bisa divaksin atau ada juga yang gagal vaksin, jadi tidak perlu ada kekhawatiran,” jelasnya.

Ia berharap, pada pelaksanaan vaksinasi 1 Juli mendatang, bagi masyarakat yang belum bisa dilakukan vaksinasi nantinya bisa dilakukan kembali.

“Mudah-mudahan nanti kan yang tidak bisa, yang ditunda pada tanggal sekarang 24 ya, akan dilanjutkan pada tanggal 1 Juli, dengan sasaran sama 500 orang,” harapannya.

Baca juga:  Pemkot Tangerang Telah Memvaksin 65.262 Orang Pada Tahap 1 dan 2 Vaksinasi Massal

Mengenai pendaftaran, Ujang menerangkan, bisa melalui aplikasi atau mendaftar langsung ke Kelurahan. “Kita juga menyebarkan undangan buat mereka melalui RT/RW, kader dan pegawai Kelurahan,” terangnya.

Untuk mengantisipasi kerumunan, pihak kelurahan sebagai fasilitator pelaksanaan vaksinasi melakukan penjadwalan.

“Kita dijadwal per jam 2 RW, sehingga jumlah undangan 500 itu cukup dengan 4 item atau 4 jam gitu sudah terukur,” ungkapnya.

“Pelaksanaan vaksinasi ketertiban sudah dilaksanakan dan prokes nya sudah dijalankan,” imbuh Ujang. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *