Kepala DBMSDA : Banjir di Kampung Gaga Akibat Rob

LINTAS24NEWS.com – TANGERANG, Kepala Dinas Bina Marga Sumber Daya Air (DBMSDA) Kabupaten Tangerang Slamet Budi mengungkap banjir yang melanda di Kampung Gaga Desa Tanjung Pasir Kecamatan Teluknaga akibat Rob dan curah hujan di beberapa bulan kemarin.

“Banjir terjadi akibat curah hujan yang cukup tinggi beberapa bulan kemarin dan rob atau air laut sedang pasang,” ujar Selamet Budi saat meninjau lokasi banjir di RT 01 Kampung Gaga, Jumat (18/2/2022).

Selain itu, ketidaklancaran saluran air menjadi pemicu lantaran dataran ada yang lebih tinggi batas pemukiman mencekung sehingga air tidak mengalir.

“Ini juga kan tanahnya cekungan, saluran air di pemukiman warga nya tidak ada, pembuangan air tidak ada otomatis jadi banjir,” papar Selamet Budi.

Baca juga:  Percepatan Penanganan Covid-19, Koramil 02/Curug Lakukan PPKM Mikro di Wilayah

Oleh karenanya, ia katakan akan melaksanakan penyelesaian jangka pendek dengan sejumlah penanganan yang dilakukan esok hari.

“Kita akan melakukan penanganan normalisasi saluran dan mempersiapkan tandon, besok sudah dimulai pengerjaan. Jadi mudah-mudahan dengan rencana jangka pendek ini bisa mengatasi genangan air yang ada di Kampung Gaga Desa Tanjung Pasir,” bebernya.

Terkait dengan isu yang berkembang untuk di relokasi, Selamet Budi katakan itu bisa terjadi dalam tahap jangka panjang dengan melakukan komunikasi kepada pihak-pihak terkait.

“Mungkin untuk opsi relokasi ini jangka panjangnya. Ada pertemuan dan komunikasi kesepakatan antara masyarakat. Memang untuk relokasi salah satu rencana aksi tapi tergantung kemauan warga seperti apa,” tandasnya. (Ibg/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *