Jalin Silaturahmi, Paseba Bersama Keluarga Besar Kampung Sulang Gelar Kegiatan Donor Darah

LINTAS24NEWS.com – Jalin Silaturahmi Paseba Tangerang Utara bersama keluarga besar Kampung Sulang, menggelar kegiatan donor bareng keluarga (Dobrak) bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang, bertempat di jalan raya Sulang – Sepatan, tepatnya di Deriana House Cafe. Sabtu (8/5/2021) malam.

Kepala Bidang Pelayanan Donor Darah PMI Kota Tangerang Femiluwita selaku koordinator kegiatan tersebut mengatakan, ada sekitar 30 orang peserta calon pendonor. Kegiatan donor darah tersebut, bertujuan agar stok darah di PMI terpenuhi. Pasalnya, stok darah selama masa pandemi Covid-19 jauh berkurang dari sebelumnya.

“Selama masa pandemi ini ditambah bulan suci Ramadhan stok darah di PMI saat ini berkurang hingga 80 persen sedangkan permintaan darah tinggi,” ungkap Femi.

Baca Juga: PMI Kabupaten Bersama Pemerintah Kecamatan Sukadiri Adakan Kegiatan Donor Darah

Dijelaskan Femi, berkurangnya stok darah di PMI dalam situasi pandemi dikarenakan adanya pembatasan sosial baik sekala besar maupun mikro di masyarakat.

Baca juga:  Di Tangsel 80 Persen Sekolah Negeri Dan Swasta Memenuhi Syarat Terapkan Sekolah Tatap Muka

“Adanya pembatasan kegiatan seperti ditempat umum atau di perusahaan. Jadi tidak boleh berkerumun, jadi kita harus jemput bola. Kebetulan dari keluarga besar Kampung Sulang sudah menjadi kegiatan rutin, setiap dua bulan sekali mendonor,” terangnya.

Ditempat yang sama, salah satu pengurus Paseba Tangerang Utara Linda S.Pd mengatakan, kegiatan tersebut, selain menjalin silaturahmi juga sebagai ajang beramal dengan mendonor darah terlebih di bulan suci Ramadhan.

“Kami dari Paseba Tangerang selain jalin silaturahmi dengan keluarga besar Kampung Sulang yang juga keluarga saya, kita rutin adakan donor darah setiap dua bulan sekali, dengan mendonor insyaallah kita dapat pahala apalagi di bulan Ramadhan, ditambah tubuh kita pun akan lebih sehat,” ungkap Linda.

Baca juga:  Paseba Adakan Hybrid Ceremony Zoom Meeting Milad ke-2 di Ponpes Ash Shiddiqiyah

Baca Juga: PMI Kabupaten Bersama Pemerintah Kecamatan Sukadiri Adakan Kegiatan Donor Darah

Linda mengajak kepada rekan-rekan Paseba Tangerang atau siapapun bagi yang mau mengikuti kegiatan donor darah bisa langsung datang ke lokasi, atau menghubungi pihak pengurus Paseba Tangerang Utara.

“Bagi teman-teman yang ada di Paseba atau siapapun bisa langsung datang ke lokasi tempat mendonor, bisa juga komunikasi dengan kami pengurus Paseba,” jelas Linda.

Sebagai informasi, dibawah ini serangkaian sebelum kita melakukan donor darah:

Setiap kali akan mendonorkan darah, Anda akan menjalani pemeriksaan dasar rutin seperti pemeriksaan berat badan, suhu, nadi, tekanan darah, dan kadar hemoglobin.

Selain itu, Anda juga akan diminta untuk menjalani pemeriksaan darah untuk mendeteksi ada tidaknya penyakit seperti HIV, hepatitis B, hepatitis C, sipilis, dan malaria. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penularan penyakit melalui transfusi.

Baca juga:  Pria Berusia 19 Tahun Ditemukan Tewas Di Taman Naga Kecamatan Teluknaga

Manfaat donor darah tidak hanya itu saja. Bagi pendonor, pemeriksaan ini tentu saja berguna untuk mendeteksi penyakit-penyakit tertentu secara dini. Jadi selain membantu orang lain yang membutuhkan darah, anda juga dapat mendapatkan cek kesehatan secara cuma-cuma. (Red/Ben)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *