Kapal KMP Royce 1 di Alur Penyeberangan Pelabuhan Merak – Bakaheuni Terbakar

LINTAS24NEWS.com, BANTEN – Terjadi Kebakaran Kapal KMP Royce 1 Flag Indonesia Nomor MMSI 525100336 di alur penyebrangan Pelabuhan Merak, Banten – Bakauheni, Lampung, Sabtu (6/5/2023), sekira pukul 15.20 WIB. Kini telah dilakukan evakuasi.

Diduga kuat kecelakaan berawal dari adanya sebuah truk di dalam Kapal KMP Royke 1 Flag Indonesia Nomor MMSI 525100336 terbakar, melihat cuaca di penyeberangan Merak – Bakauheni hari ini cerah.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin menjelaskan, sebelum melintasi Pulau Tempurung Merak, kapal mengalami kebakaran.

“Namun saat ini api telah dapat dipadamkan. Rencananya KMP ROYCE 1 akan disandarkan dan dievakuasi di Merak,” kata Shelvy dalam keterangannya.

Baca juga:  Sebuah Gudang Penyimpanan Barang Online Shop di Tangerang, di Lalap si Jago Merah

Sementara itu Kabid Humas Polda Banten Kombespol Didik Hariyanto mengatakan, kebakaran kapal KMP Royce 1 yang mengalami kebakaran di alur penyeberangan pelabuhan Merak – Bakaheuni di koordinat (-5.937150°,105,957080°) pada Sabtu (6/52023) sekitar pukul 15.30 Wib.

“Ditpolairud Polda Banten telah mengerahkan personel dan kapal TB Tirtayasa III untuk melakukan evakuasi bersama Lanal Banten, Basarnas, Damkar Kota Cilegon, dan BPTD,” kata Didik Hariyanto.

Jumlah penumpang sesuai manivest, lanjut Didik Harianto, pejalan kaki lima orang (dua laki-laki dan tiga perempuan), penumpang dalam kendaraan 135 orang (laki-laku dewasa 108 orang, perempuan dewasa 21 orang, anak-anak enam terdiri dari lima anak laki-laki dan satu anak perempuan. Jumlah keseluruhan kendaraan sebanyak 79 unit.

Baca juga:  Polda Banten Update Jumlah Penumpang dan Kendaraan Pada Puncak Arus Mudik dan Arus Balik

Dari Biddokkes Polda Banten telah menurunkan dua tim yaitu tim kesehatan lapangan dan tim DVI.

“Sampai saat ini korban luka ringan sebanyak 9 orang yang terdiri dari empat orang dirawat di RSKM Cilegon dan lima orang luka ringan dirawat di puskesmas Merak,” terangnya.

Dalam peristiwa tersebut, Didik menyebut, sampai dari hasil evakuasi belum ada korban yang ditemukan meninggal dunia.

“Api sudah dapat dipadamkan dan kapal akan dievakuasi di pelabuhan Merak,” pungkasnya.

Penyebab terjadinya kebakaran kapal KMP Royce 1 masih dalam penyelidikan.

(Adi/rdk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *