Agus Setiawan Asal Sukadiri Bentuk Kelompok UMKM Mengolah Pisang Jadi Beraneka Rasa

LINTAS24NEWS.com – Nasib dunia usaha dimasa pandemi covid-19 tengah di uji, salah satunya pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) menghadapi situasi saat ini membuat usaha mereka terseok-seok.

Melihat kondisi itu, Agus Setiawan pemudaasal Desa Sukadiri, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang yang masih menjabat Ketua umum serikat mahasiswa Muslim Indonesia (SEMMI), memiliki inisiatif untuk membentuk kelompok UMKM yang kini telah beranggotakan sebanyak 15 orang yang mayoritas Ibu-ibu.

“Keadaan ini tidak menghilangkan semangat saya dalam membetuk kelompok UMKM dan membuat pelatihan wirausaha rumahan,” kata Agus Setiawan, Jumat (26/3/2021).

Selain itu, pemuda yang diketahui pernah menjadi pengurus cabang Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Tangerang Raya masa bhakti 2019-2020 ini menuturkan, saat ini kelompok yang dibentuknya telah diberikan pelatihan dalam pengolahan keripik pisang dengan beraneka rasa.

Baca juga:  Cegah Terjadinya Abrasi, Komunitas M2C di Kecamatan Kemeri Dorong Penanaman Mangrove

“Kita melakukan pendampingan kepada ibu-ibu yang telah mengikuti pelatihan pada tanggal 12 dan 23 Maret 2021, saat ini fokus pengelolaan keripik pisang rasa-rasa dan sudah memulai produksi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Agus Setiawan mengatakan, produksinya telah dipasarkan pada Kamis (25/3/2021) kemarin. Dengan varian sepuluh aneka rasa.

“Kita sudah mempersiapkan pemasaran mulai dari tahapan pengemasan dan lebel. Dan pada hari kamis tanggal 25 Maret sudah mulai penjualan keripik pisang rasa-rasa dengan 10 rasa pisang diantaranya, rasa coklat tabur, coklat leleh, strawberry, anggur, nangka, caramel, original, asin, green tea dan melon,” ungkap Agus.

Agus Setiawan mengaku, usahanya tentu tidak semulus apa yang dibayangkan, dengan peralatan yang serba ada, tetap semangat dalam menekuni usahanya dalam memberdayakan masyarakat, dan berharap akan mendapat perhatian dari pemerintah.

Baca juga:  Malam Puncak Harlah NU Sekaligus Pelantikan Para Ranting Dan Istigosah

“Tentunya kita memiliki kendala dalam produksi, sepert alat alat masak, mulai dari wajan yang besar, alat open, mesin parut kering pisang, tabung gas, dana buat modal produksi dan pasar penjualan dan mitra untuk pemasaran, saya harap ada perhatian dari pemerintah,” terangnya.

Sementara, Camat Sukadiri Encep Sahayat sangat mengapresiasi adanya kegiatan positif yang digagas Agus Setiawan, terutama dalam memberdayakan masyarakat diwilayah Kecamatan Sukadiri.

“Saya sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan saudara Agus, apalagi mau memberdayakan warga masyarakat,” ungkap Encep.

Kendati demikian, Encep menyarankan agar kemasan bisa dibuat lebih menarik, dan terutama perihal legalitas izin usaha yang dilakukan.

Baca juga:  Wakil Ketua Dewan Minta Tindak Tegas Bangunan Tanpa IMB

“Saran saya, nanti kemasannya bisa dibuat lebih menarik, dan tak lupa izinnya juga harus diperhatikan, saya berharap kedepannya bisa lebih berkembang dan maju,” jelas Encep. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *