Health  

Yuk Intip Apa Saja Manfaat Mengkonsumsi Jahe

LINTAS24NEWS.com – Apa Saja Manfaat Mengkonsumsi Jahe, jahe cukup populer di masa pandemi. Bahan rempah yang satu ini dipercaya bisa menyembuhkan batuk dan juga meningkatkan sistem imun.

Jahe sendiri sudah ratusan tahun digunakan sebagai bumbu penyedap masakan. Ditambahkan pada rebusan daging atau ikan-ikanan untuk menghilangkan bau amis yang ada dan memberikan sedikit sensasi pedas.

Rimpang jahe juga sering digunakan sebagai bahan minuman herbal. Biasanya jahe akan dibakar kemudian digeprek sebelum nantinya direbus dengan air dan gula batu atau gula aren.

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Zingiber officinale ini memiliki senyawa keton bernama zingeron yang memberikan sensasi rasa pedas sedikit menyengat.

Terkenal di bidang pengobatan herbal, jahe dijual di pasaran dalam bentuk serbuk, rimpang segar, juga awetan jahe.
Nah, dilansir dari Health Support Magazine, inilah beberapa manfaat jahe untuk kesehatan dan efeknya pada tubuh jika Anda mengonsumsinya setiap hari:

1. Memiliki risiko kecil terkena kanker

Baca juga:  Lima Manfaat Bawang Putih, Ini Kata dr. Zaidul Akbar

Mengonsumsi jahe

Dari penelitian medis, disebutkan bahwa jahe bisa digunakan untuk mengurangi risiko tubuh terkena kanker. Selain itu jahe juga bisa mengurangi peradangan pada usus.

Mengonsumsi jahe setiap hari bisa memperbaiki sel-sel kulit mati. Karenanya, sistem imun pun bisa bekerja dengan maksimal.

2. Memiliki saluran cerna yang sehat

Mengonsumsi jahe dengan rutin bisa menyehatkan dan melancarkan saluran pencernaan dan mengurangi peradangan organ bagian dalam.

Dalam kaitannya dengan saluran cerna, jahe juga bisa mengurangi mual-mual karena efek dari beberapa gangguan kesehatan.

Itulah sebabnya, ketika seseorang mengalami gangguan saluran cerna dan merasa mual-mual, disarankan untuk meminum wedang jahe yang hangat yang bisa membuat perut terasa lebih nyaman.

3. Mencegah dan mengurangi nyeri otot

Mengonsumsi jahe

Nyeri otot kerap datang ketika kita beraktivitas terlalu banyak atau ketika sehabis berolahraga.

Gangguan nyeri otot ini bisa diredakan dengan mengonsumsi jahe. Penelitian medis mengatakan, seorang atlit yang mengonsumsi 2 gram jahe per hari selama 11 hari, mengaku tak lagi terlalu sering mengalami kekakuan otot.

Baca juga:  Pemkot Tangerang Melalui Dinkes Gelar Kick Off Skrining TBC Mobile

Penelitian yang sama menghasilkan kesimpulan bahwa jahe bisa mencegah timbulnya masalah pada otot dan sendi.

4. Menurunkan gula darah

Penelitian tahun 2015 yang dilakukan terhadap 41 pasien pengidap diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa setelah para pasien diberi 2 gram jahe per hari, ada penurunan gula darah yang signifikan yaitu sebesar 12 persen.

Penelitian lebih lanjut dilakukan guna mendukung penemuan ini, bahwa jahe memang bisa digunakan untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

5. Meredakan kram menstruasi

Siapa wanita yang tak mengenal kram menstruasi? Beberapa bahkan mengalami kram yang sangat menyiksa sehingga mengganggu aktivitas.

Penelitian medis yang dilakukan terhadap 150 wanita usia produktif menghasilkan fakta yang menarik, bahwa setelah mengonsumsi 1 gram jahe selama satu bulan para wanita ini mengalami penurunan level kram menstruasi bulanannya.

6. Mengurangi risiko terkena alzheimer

Baca juga:  Selain Obati Beragam Penyakit, Terapi Api Bang Maman Bisa Sadarkan Orang Kesurupan

Alzheimer adalah penyakit menakutkan yang belum ada obatnya. Penyakit ini disebabkan oleh peradangan kronik juga stres yang terlalu lama.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada binatang menunjukkan terobosan baru yang cukup menenangkan. Bahwa pemberian jahe rutin setiap hari bisa memperlambat proses datang dan berkembangnya penyakit ini.

Dengan mengonsumsi jahe setiap hari, ternyata kita bisa mendapatkan 6 keuntungan yang menyehatkan.
Jadi tak ada salahnya jika mulai kini Anda mengganti minuman sore berupa teh dengan wedang jahe yang mengepul wangi.

(Net)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *