Berita  

Wamendagri Dorong Satpol PP dan Satlinmas Tingkatkan Profesionalitas

LINTAS24NEWS.com – Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo mendorong jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) agar meningkatkan profesionalitas dalam bekerja.

Selain itu, Wamendagri juga mengatakan Satpol PP dan Satlinmas diminta untuk menciptakan sinergisitas antara pemerintah pusat dan daerah.

“Hal ini, guna tercapainya wilayah tertib dan ramah investasi melalui Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat yang profesional,” ujar Wempi selaku Wamendagri saat membuka Rakornas peringatan HUT ke- 73 Satpol PP dan ke- 61 Satlinmas di Ballroom Hotel Claro Makassar, Kamis (2/3/2023).

Baca juga:  Kemendagri Imbau Semua Pihak Bantu Daerah Penuhi Kekurangan Pangan Jelang Ramadan

Wempi menuturkan, pemerintah terus mendorong peningkatkan kapasitas Satpol PP dan Satlinmas. Upaya itu diwujudkan, salah satunya melalui rencana revitalisasi Satlinmas.

Lanjutnya, nantinya jajaran Satlinmas direncanakan bakal memiliki seragam baru, yang diharapkan dapat memperkuat kinerja mereka dalam menyelenggarakan ketenteraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat (Trantibum Linmas) di lingkungan Desa/Kelurahan.

“Hari ini di ulang tahun, ini kabar baik supaya pada saat pelaksanaan Pemilu serentak di tahun 2024, Satlinmas itu hadir bukan pakai seragam hijau lagi, tapi pakai seragam yang baru,” sambung Wempi.

Wempi menambahkan, dirinya juga mendorong agar kiprah Satpol PP dan Satlinmas dapat diperkuat. Hal itu, terutama untuk jajaran Satpol PP yang memiliki tugas penting dalam menegakkan peraturan daerah (Perda) dan peraturan kepala daerah (Perkada). Wempi juga memacu agar peran Trantibum Linmas dapat dilakukan secara berkelanjutan.

Baca juga:  Sekjen Kemendagri Minta Daerah Pedomani 8 Arahan Presiden

“Supaya Satpol PP tidak redup, tetapi tetap bersemangat untuk melaksanakan tugas dan pengabdian kepada bangsa dan negara,” tambah Wempi.

Kendati demikian, dirinya pun mengapresiasi semua pihak meliputi seluruh narasumber dan jajaran Satpol PP yang menghadiri Rakornas tersebut.

“Dia berharap, momentum Rakornas ini dapat memacu jajaran Satpol PP dan Satlinmas agar menjalankan tugas dengan mengedepankan sikap humanis, berwibawa dan tegas,” pungkasnya.

(Adi/Ibong)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *