Health  

Vaksinasi Booster Tahap Dua Targetkan Masyarakat Umum Hingga Dewasa

LINTAS24NEWS.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang memperluas target sasaran vaksinasi Booster Covid-19 tahap kedua atau dosis empat untuk masyarakat umum atau dewasa.

Vaksinasi Booster tahap dua tersebut merupakan upaya Pemkab Tangerang dalam mencegah terjadinya peningkatan kasus Covid-19 di Kabupaten Tangerang.

Hal tersebut dikatakan oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dr Achmad Muchlis MARS bahwa sebelumnya vaksinasi Booster Covid-19 tahap dua atau empat diberlakukan hanya untuk tenaga kesehatan (Nakes).

“Kalau kemarin vaksinasi Booster kedua hanya untuk tenaga kesehatan (Nakes) dan lansia saja, tetapi sekarang sudah berlaku untuk masyarakat umum,” kata Sekretaris Dinkes Kabupaten Tangerang, dr Achmad Muchlis, MARS, Rabu (25/1/2023).

Baca juga:  Puskesmas Gunung Kaler Berikan TTD Kepada Remaja Putri SMA dan SMP

dr Achmad Muchlis menjelaskan, saat ini vaksinasi Booster tahap dua di Kabupaten Tangerang baru mencapai enam persen, sehingga pihaknya akan menggencarkan pelaksanaan vaksinasi kembali. Kemudian stok dosis itu sudah diajukan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten.

“Kami sudah mempersiapkan terkait dengan pelaksanaan vaksinasi Booster kedua dan kami sedang menunggu kiriman vaksin dari Dinas Kesehatan Provinsi Banten,” ucap dr Muchlis.

Lanjut dr Muchlis, bahwa akan ada rencana pelaksanaan vaksinasi Booster kedua, yang akan dibuka di 44 Puskesmas dan 3 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Kabupaten Tangerang.

“Untuk tahap pertama kita lihat masyarakat dulu dan ketersediaan vaksin, jika mencukupi nanti akan dibuka lagi setra-sentra vaksin lainnya,” ujarnya.

Baca juga:  Lima Manfaat Bawang Putih, Ini Kata dr. Zaidul Akbar

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang, dr Hendra Tarmizi menyampaikan pihaknya telah mengajukan tambahan vaksin Covid-19 Booster ke Pemprov Banten sebanyak 5.000 vial dosis.

“Maka sebelum ada SE dari Kemenkes terkait vaksinasi Covid-19 dosis Booster kedua bagi kelompok masyarakat umum dan kita sudah ajukan ke Pemprov Banten sebanyak 5.000 vial dosis,” ungkapnya.

“Kemudian dari pengajuan tambahan dosis vaksin itu nantinya akan digunakan sebagai pendukung pelaksanaan vaksinasi Booster tahap dua di Kabupaten Tangerang,” tambahnya.

(Bandi/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *