Berita  

Sebanyak 16 Jurnalis Pantura Tangerang Terima Sertifikat Dewan Pers

Sertifikat kompetensi
POTO: Penguji Yudono Yanuar Ahkmadi (kiri) dan Penguji Aprida M Sihombing saat sambutan dalam Uji Kompetensi Wartawan, di Pakons Prime Hotel, Kota Tangerang, Oktober 2022. Foto: Dokumentasi PJPT.

LINTAS24NEWS.com, TANGERANG – Sebanyak 16 wartawan yang tergabung dalam Perkumpulan Jurnalis Pantura Tangerang (PJPT), terima Sertifikat Kompetensi dari Dewan Pers pada 2023 ini.

Ada 5 wartawan dinyatakan kompeten dalam jenjang kompetensi Wartawan Muda, berdasarkan hasil Uji Kompetensi Wartawan yang diselenggarakan Lembaga Pers Dr. Soetomo, pada tanggal 9 Agustus 2022 sampai dengan 11 Agustus 2022, di Kota Administrasi Jakarta Pusat.

Lalu, 11 wartawan dinyatakan kompeten dalam jenjang kompetensi Wartawan Muda, berdasarkan hasil Uji Kompetensi Wartawan yang diselenggarakan Lembaga Pendidikan London School (Program Studi Ilmu Komunikasi) Jakarta, pada 17 Oktober 2022 sampai dengan 18 Oktober 2022, di Kota Tangerang.

Baca juga:  Soal Penembakan Wartawan, Komnas HAM Perlu Bentuk Tim Pencari Fakta

Ketua PJPT Zakky Adnan mengatakan, mengikutsertakan pengurus berikut anggota PJPT dalam pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan, melalui dua lembaga berlisensi Dewan Pers tersebut, adalah bagian melaksanakan program PJPT pada 2022 lalu.

“Tujuannya, agar wartawan yang tergabung di PJTP, memahami Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan UU Nomor 40 Tahun 1999, tentang Pers. Dan penting juga, menerapkan sejumlah pasal pada KEJ dan UU Pers saat bertugas,” kata Zakky Adnan, Rabu, 5 April 2023.

Sertifikat kompetensi
Poto bersama para peserta UKW dan para penguji dalam kesempatan Uji Kompetensi Wartawan yang diselenggarakan Lembaga Pendidikan London School (Program Studi Ilmu Komunikasi) di Hotel Pakons Kota Tangerang.

Pria yang juga sebagai Reporter Koran Harian Tangerang Ekspres ini menyampaikan, sekarang menunggu waktu tiga tahun, untuk dapat kembali mengikutsertakan pengurus berikut anggota PJPT, dalam pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan ke jenjang kompetensi lebih tinggi, yaitu kompetensi Wartawan Madya.

Baca juga:  Bupati Zaki Lepas Keberangkatan 384 Jamaah Haji

Zakky Adnan pun mengucapkan terima kasih kepada Pembina PJPT Haji Kholid Ismail, yang selalu mendukung segala kegiatan keorganisasian hingga kegiatan sosial, yang dilaksanakan organisasi yang dideklarasikannya sejak 3 Oktober 2020.

“Alhamdullillah, kami memiliki sosok pembina yang ingin sumber daya manusia (SDM) wartawan di pantai utara atau pantura Kabupaten Tangerang semakin berkompeten dan memiliki marwah,” imbuhnya. (zky)

Berikut daftar nama anggota/pengurus PJPT yang menerima sertifikat kompetensi Wartawan Muda:
1. Zakky Adnan
2. Yandri Sinlaeloe
3. Surta
4. Romli
5. Rokhmatulloh
6. Nurasep Wijaya
7. Nur Akbar
8. Maat Igor Sudrajat
9. Juliadi
10. Iman
11. Huda Rizki Alfian
12. Mauladi Fachrian
13. Tabrani bin Suari
14. Moh Jumri
15. Mad Sutisna
16. Ardiyansah

Baca juga:  Larang Dewan Pers Sertifikasi Wartawan, Ketua LSP Pers Indonesia Berikan Klarifikasi

(Adi/Ibong)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *