Satu Rumah Warga Lampung Selatan Tertimpa Material Longsor

LINTAS24NEWS.com – Banjir dan longsor terjadi di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, pada Kamis sore (9/3), pukul 16.00 WIB waktu setempat. Satu rumah warga tertimpa material longsor dan tidak ada laporan korban jiwa akibat peristiwa itu.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Selatan menginformasikan, kejadian itu terjadi setelah hujan lebat mengguyur wilayahnya. Rumah warga yang terdampak tanah longsor mengalami kerusakan berat.

“Selain itu, sembilan rumah lain terancam longsor. BPBD setempat menyebutkan tidak ada warga yang mengungsi pascainsiden,” tutur BPBD Kabupaten Lampung Selatan dalam keterangan.

Lanjut BPBD, wilayah terdampak banjir dan longsor berada di sejumlah Desa, antara lain Rangai Tri Tunggal, Tarahan dan Tanjung Ratu di Kecamatan Katibung, Desa Baru Ranji di Merbau Mataram dan Desa Bandaragung di Sragi.

Baca juga:  TIM 9 Ki Buyut Jenggot: Pemkot Tangerang Jangan Berhadap-hadapan dengan Rakyat

“Tercatat 252 KK warga Lampung Selatan terdampak bencana banjir dan tanah longsor,” tambahnya.

Kendati demikian, di samping rumah terdampak, BPBD mengidentifikasi satu unit jembatan putus dan jembatan kayu hanyut akibat banjir.

“Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Lampung Selatan turun ke lokasi untuk mengevakuasi dan mendata kerusakan. Petugas berkoordinasi dengan aparat pemerintahan kecamatan dan desa dalam penanganan dan pendataan dampak bencana,” jelasnya.

Sementara itu, BNPB mengimbau pemerintah daerah dan warga tetap waspada dan siaga untuk mengantisipasi potensi bahaya hidrometeorologi basah, seperti banjir dan tanah longsor.

“Warga yang tinggal di sekitar lereng atau tebing dapat melakukan evakuasi dini apabila hujan lebat berdurasi lama berlangsung di wilayahnya. Di samping itu, warga dapat mengidentifikasi jalur evakuasi aman apabila sewaktu-waktu harus melakukan di saat banjir,” imbuhnya.

Baca juga:  Pamit Dari Rumah Mau Beli Pulsa, Esok Harinya Ditemukan Warga Mengambang di Kali Sudah Tak Bernyawa

(45/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *