Penggiat Sosial Bangun Rumah Warga Miskin 

LINTAS24NEWS.com – Sejumlah pemuda penggiat sosial yang tergabung dalam Tim Pemuda Peduli Lingkungan (TPPL) dan Hilal Merah Indonesia (Hilmi), tuntas membangun rumah Pak Kosan (62), warga miskin Desa Gempol Sari, Kecamatan Sepatan Timur, Kabupaten Tangerang. Selesainya pembangunan ditandai dengan penyerahan kunci rumah pada Minggu (29/8/2021).

Ketua TPPL Suryono mengatakan, Pak Kosan hidup bersama ke tiga anak dan satu cucu di rumah yang dibedah. Untuk memenuhi kebutuhan hidup, Pak Kosan bekerja mengumpulkan barang-barang bekas (pemulung).

“Kami prihatin mengetahui Pak Kosan dan keluarga tinggal di gubuk yang tidak layak huni,” ujarnya, kepada Tangerang Ekspres.

Baca juga:  Limbah TPA Rawa Kucing Disinyalir Mengandung B3

Suryono menambahkan, kondisi rumah Pak Kosan hanya berdinding bilik bambu, dan atap rumah dari genteng yang sudah banyak kerusakan. “Sampai-sampai beliau (Pak Kosan) lapisi plastik agar tidak bocor,” tambahnya.

Akhirnya, dikatakan pria yang akrab disapa Capit ini, TPPL berkolaborasi dengan Hilmi, mengumpulkan dana secara patungan untuk membangun rumah Pak Kosan.

“Alhamdulillah, uang terkumpul dari donatur seperti Ketua DPRD Kabupaten Tangerang Kholid Ismail, Bupati Tangerang A Zaki Iskandar, Camat Sepatan Timur Asep Nurman Jaenudin dan Hilmi. Telah dibelanjakan segala kebutuhan untuk membangun rumah Pak Kosan,” jelasnya.

Capit menuturkan, bersama-sama memulai pembangunan rumah Pak Kosan mulai Senin (16/8). Sejak itu, Pak Kosan dan keluarga disediakan rumah kontrakan. “Sekarang Pak Kosan dan keluarga sudah bisa mendiami rumah mereka. Walaupun rumah ini tidak sebagus rumah warga mampu lainnya, namun Pak Kosan beserta keluarga sudah memiliki rumah layak huni,” ujarnya.

Baca juga:  BPOM Banten Dan Tim Gabungan Amankan Ribuan Jamu Tanpa Ijin Edar di Ciputat

“Ini adalah sebuah aksi kepedulian kami yang didukung oleh ketua DPRD Kabupaten Tangerang, Bupati Tangerang dan Camat, kepada masyarakat yang membutuhkan uluran tangan kita semua,” pungkasnya. (Red/Ibg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *