Berita  

Pemkab Tangerang Melalui Dinas Perpusip Gelar Sosialisasi Optimalisasi Digital Kearsipan

Dinas
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip (Perpusip) menggelar sosialisasi optimalisasi digital kearsipan.

LINTAS24NEWS.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip (Perpusip) menggelar sosialisasi optimalisasi digital kearsipan lingkup Pemerintahan Kabupaten Tangerang, di Hotel Istana Nelayan, Kamis (2/3/2023).

Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tangerang, Ratnawati serta dihadiri oleh perwakilan dari seluruh perangkat daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Tangerang.

Dalam kesempatan tersebut, Ratna menyampaikan dalam sambutannya mewakili Kepala Dinas Perpusip, kegiatan ini digelar untuk mendorong pengelolaan arsip secara digital guna meningkatkan perbaikan tata kelola pemerintahan.

“Seiring dengan kemajuan teknologi dan pemanfaatan teknologi, tentunya digitalisasi juga sudah mulai diterapkan pada bidang kearsipan, maka dari itu kami adakan sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman akan dokumen kearsipan secara digital sebagai solusi untuk menyimpan dokumen yang dimiliki oleh Perangkat Daerah,” ujar Ratna.

Baca juga:  Kakanwil BPN Banten Ajak Masyarakat Kunjungi Pameran UMKM di Gambir Expo Jakarta

Lanjutnya, ia menjelaskan bahwa digitalisasi arsip merupakan proses alih media dengan mengubah bentuk dari format cetak ke sistem digital.

“Maka semuanya akan dapat memudahkan kita dalam pelayanan publik juga,” jelas Ratna.

Ratna menambahkan, kearsipan ini juga berfungsi sebagai sumber informasi dan alat pengawasan yang sangat diperlukan dalam setiap organisasi publik dalam kegiatan perencanaan, penganalisaan, pengembangan, perumusan kebijakan, pengambilan keputusan, pembuatan laporan, akuntabilitas suatu kegiatan.

“Dalam kegiatan ini kami juga turut mengundang narasumber dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) untuk memberikan pemahaman kepada perangkat daerah, serta dengan adanya sosialisasi ini diharapkan kepada semua perangkat daerah baik dari tingkat perangkat daerah, BLUD dan Kecamatan dapat memanfaatkan momen ini untuk belajar tentang arsip digital,” sambungnya.

Baca juga:  Bupati Kab Tangerang Zaki Hadiri Acara AMF di Phnom Penh Kamboja

(Adi/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *