Berita  

P4S Mekar Utama Jaya Dampingi Petani Desa Bonisari Kecamatan Pakuhaji Panen Bayam

LINTAS24NEWS.com – Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Mekar Utama IKAMAJA sukses mengelola sarana pertanian di Desa Bonisari, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Hal itu ditandai dengan panen perdana sayuran bayam.

Sementara itu, Penyuluh BPP kampung Melayu, Malik mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu pembinaan kemandirian yang diikuti dengan baik oleh para petani secara swadaya baik perorangan maupun berkelompok.

“Saya berharap kegiatan bercocok tanam terus digiatkan dan ditingkatkan, semoga apa yang didapat ini menjadi sebuah motivasi ke depannya,” kata Malik, Selasa (14/2/2023).

Lanjutnya, Malik menjelaskan P4S adalah lembaga pelatihan pertanian dan pedesaan yang didirikan oleh Siti Dahlia alumni magang Japan tahun 2010 lalu, yang bertujuan meningkatkan kapasitas pelatihan atau pemagangan bagi petani dan masyarakat pedesaan.

Baca juga:  Kapolres Metro Tangerang Pantau Langsung Kondisi Korban Banjir di Pakuhaji

“Pembinaan P4S antara lain dilakukan melalui bimbingan pelatihan dari aspek kelembagaan, sarana prasarana, ketenagaan, penyelenggaraan pelatihan/pemagangan, usaha dan jejaring kerja,” jelas Malik.

Perlu diketahui, kegiatan yang dilakukan oleh P4S Mekar Utama IKAMAJA yaitu panen perdana sayuran daun dataran rendah (bayam). Selain itu, adanya kembang kol yang masih proses tanam.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Koordinator dan Penyuluh BPP Kampung Melayu, Binamas dan Babinsa Desa Bonisari, aparat Desa Bonisari dan tokoh masyarakat di Kampung Bonisari RT 3/2 Desa Bonisari, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang.

(Bandi/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *