Berita  

Kelurahan Pabuaran Tumpeng dilakukan Verifikasi Program Kampung Iklim

Verifikasi Proklim
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang melakukan verifikasi di lingkungan Kelurahan Pabuaran Tumpeng pada program Proklim.

LINTAS24NEWS.com, TANGERANG – Kelurahan Pabuaran Tumpeng, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang dilakukan verifikasi program kampung iklim (proklim) yang dilakukan oleh dinas lingkungan hidup (DLH) Kota Tangerang hingga Pokja dan Universitas.

“Verifikasi yang dilakukan oleh tim tingkat kota itu terdiri dari dinas LH, Universitas Muhamadiyah Tangerang (UMT) kemudian dari komunitas, dari tingkat kecamatan juga dari Pokja FKTS-nya memverifikasi ke kampung proklim yang ada di kampung mentok RW 08 perumahan benua Indah,” kata Lurah Pabuaran Tumpeng Drs Ujang Soleman kepada lintas24news.com diruang kerjanya, Selasa (24/1/2023).

Dijelaskan Ujang Soleman, dalam proses verifikasi tersebut yang berkaitan dengan kampung iklim diantaranya dari mulai sumber daya manusia hingga sarana dan prasarana yang ada.

Baca juga:  Aktivis dan Pemerhati Pendidikan Soroti Adanya Bangunan SDN di Tangerang Terbengkalai

“Indikatornya pertama ada Kelompok Wanita Tani (KWT) nggak di situ? ternyata sudah ada KWT tertata dengan rapih. Kemudian Sarana dan Prasarana (Sarpras) yang ada, seperti salurannya bagaimana? apakah airnya mengalir? dan sebagainya,” terangnya.

Verifikasi Proklim

“Bagaimana peran serta di dalamnya masyarakat, apakah dengan saluran yang ada dipelihara atau tidak di saat musim hujan. Dilihat juga biopori-nya, dilihat juga tempat penampungan air biopori contohnya itu ada. Setelah itu bagaimana dari lingkungan ke lingkungan sebanyak satu RW ini,” sambungnya.

Indikator selanjutnya, dilihat dari partisipasi masyarakatnya, apakah masyarakat merasa peduli dengan lingkungan yang ada.

“Toh di situ ada tanah fasos pasum sehingga bisa digunakan untuk taman, untuk kolam dan yang lainnya guna menunjang terhadap makhluk yang ada di kampung itu sendiri,” paparnya.

Baca juga:  Imunisasi BIAN di Kelurahan Pabuaran Tumpeng, Lurah Ujang Soleman: Alhamdulillah Capaiannya Sudah 91.6 Persen

Verifikasi Proklim

Dengan program kampung iklim dibawah binaan LH Kota Tangerang ini, Ujang Soleman berharap lingkungan akan lebih tertata sehingga tercipta nya rasa aman dan nyaman yang dapat dirasakan oleh masyarakat.

“Nah! di bawah binaan LH ini diharapkan lingkungan yang ada kalau sudah tertata dengan rapi maka masyarakat akan merasakan hidup aman nyaman dan tentram itu aja,” tukasnya.

Diketahui sebelumnya, Pemerintah Kota Tangerang dalam mendukung program Kampung iklim (Proklim) hingga meraih Piagam Apresiasi Pembinaan Proklim Tingkat Kota/Kabupaten dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Pada saat itu, Walikota Tangerang Arif R Wismansyah menerima langsung penghargaan tersebut dari Menteri KLHK Siti Nurbaya pada acara puncak Festival Iklim 2022 tahun lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *