Health  

Gatal-gatal Pada Kulit, Ini Penyebabnya

Gatal
Ilustrasi Foto: Alergi

LINTAS24NEWS.com – Sensasi gatal yang dirasakan di badan umumnya terjadi karena gigitan serangga, serta umumnya bisa sembuh dengan sendirinya, apalagi jika kamu rajin membersihkan badan.

Namun, terkadang gatal-gatal di badan muncul dengan sendirinya, tetapi kamu merasa tidak digigit serangga apapun. Bahkan jarang sekali sensasi itu bertahan lama dan tidak kunjung hilang.

Jika hal ini terjadi, kamu perlu waspada karena bisa jadi gatal-gatal yang dirasakan saat ini disebabkan karena penyakit kulit. Namun penyebabnya di badan tersebut bisa bermacam-macam.

Ada beberapa penyebab gatal-gatal pada badan diantaranya Kulit Kering, Alergi, Masalah Saraf, Ginjal, Penyakit Kulit, Perubahan Hormon Saat Hamil, Menopause.

Kulit Kering, gatal-gatal yang kamu rasakan bisa jadi terjadi karena kulitmu sedang kering. Kulit yang kering selain terasa bersisik, biasanya juga terasa gatal. Pastikan kamu menggunakan body losion untuk mengembalikan kelembapan kulitmu. Kalau kulitmu sudah lembab, maka rasa gatal tersebut nantinya akan menghilang.

Baca juga:  Merasa Lemas Saat Puasa? Simak Tujuh Cara Ini

Alergi, coba ingat-ingat, apakah sebelum kamu mengalami gatal-gatal ini memakan atau minum sesuatu? Perhatikan juga, jika kamu makan atau minum sesuatu kemudian terasa gatal-gatal, bisa jadi kamu alergi dengan makanan atau minuman tersebut hingga membuatmu terasa gatal-gatal.

Tidak hanya makanan atau minuman, kamu juga bisa alergi obat yang diberikan dokter kepadamu. Jika kamu merasa alergi obat, kamu bisa konsultasikan kembali pada doktermu untuk mengganti obat yang kamu gunakan.

Masalah saraf, yang meneruskan pesan dari kulit ke otak. Beberapa masalah saraf atau penyakit yang berhubungan dengannya dapat menyebabkan gatal seperti stroke, diabetes postherpetic neuralgia yang umum terjadi pada orang tua atau komplikasi penyakit herpes.

Masalah ginjal, terutama yang telah parah juga dapat menyebabkan badan gatal gatal-gatal tanpa sebab. Belum diketahui pasti mengapa masalah itu dapat menyebabkan gatal, namun diduga karena fungsi ginjal dalam menyaring darah tidak bisa terlaksana dengan baik. Hal ini menyebabkan darah masih dicemari racun. Dalam beberapa kasus, pasien harus menjalani proses cuci darah dan Dokter juga akan meresepkan obat-obatan untuk meredakan rasa gatal yang mengganggu.

Baca juga:  Pemkab Tangerang melalui BPBD Menyerahkan Bantuan Logistik untuk Warga Terdampak Banjir di Kecamatan Jayanti

Penyakit Kulit, ada beberapa jenis penyakit kulit yang dapat menimbulkan rasa gatal yaitu Eksim, Kudis atau Skabies, Cacar, Kurap atau infeksi jamur, Psoriasis, Folikulitis, Biduran dan prurigo.
Sensasi gatal tersebut bisa dirasakan hanya di area kulit tertentu atau berbagai bagian tubuh. Selain itu, penyakit kulit tersebut juga dapat menimbulkan gejala lain, seperti iritasi kulit dan kemerahan atau bintik-bintik pada kulit.

Perubahan Hormon Saat Hamil, sebagian wanita merasakan gatal di bagian perut, lengan, paha dan payudara karena perubahan hormon. Sensasi gatal ini umumnya akan reda dengan sendirinya setelah melahirkan.

Menopause, tidak hanya saat hamil, ketika menopause juga terjadi perubahan hormon dalam tubuh. Perubahan itulah menyebabkan timbulnya sensasi gatal diseluruh tubuh atau pada bagian-bagian tertentu.

Baca juga:  Dinkes Kota Tangerang Terus Berupaya Memberikan Pelayanan Vaksinasi Covid 19

(Bandi/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *