Berita  

DPMPD Kabupaten Tangerang Monitoring Kegiatan Indeks Desa Membangun

LINTAS24NEWS – DPMPD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa) Kabupaten Tangerang melalui Kasie Pemerintahan Desa (Pemdes) mengadakan Monitoring Kegiatan Indeks Desa Membangun. bertempat di Aula Desa Kohod, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Rabu (10/7/2024).

Monitor kegiatan Indeks Desa Membangun (IDM) Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa (DPMPD) tersebut dihadiri oleh Camat Pakuhaji, M Supriyatna beserta jajaran, Kepala Desa Kohod, Arsin bin Asip beserta jajaran, Babinsa, Binamas, serta perwakilan dari Desa yang ada di wilayah kecamatan Pakuhaji.

Kasie Pemdes DPMPD Kabupaten Tangerang, A OO Sumantri mengatakan bahwa kegiatan monitoring Indeks Desa Membangun (IDM) untuk memberikan informasi dari setiap desa yang ada di wilayah kecamatan Pakuhaji.

“Tujuannya untuk memberikan informasi dari desa, dan dilihat dari status desa itu sendiri. Apakah menjadi desa mandiri dan maju, atau memberikan informasi serta memantau secara langsung atas perpanjangan jabatan kepala desa. berdasarkan undang-undang nomer 3 tahun 2024 sesuai UU terbaru,” kata A OO Sumantri kepada wartawan.

Baca juga:  Di Sepatan Tangerang, Siang Bolong Pelaku Curanmor Nekat Beraksi Gondol Honda Vario 150

Lebih lanjut Ia katakan,
tentunya didalam masa perpanjangan tersebut ada yang harus di selesaikan oleh perangkat desa berkaitan dengan RPJMDes dengan perpanjangan dua tahun tersebut.

“Dalam hal itu, pendamping desa pun harus mendampingi kegiatan desa dalam Musyawarah Desa (musdes) merekap semua rencana rencana pembangunan desa tambahan dua tahun itu,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Dian Purnama Sari selaku pendamping kecamatan menuturkan bahwa IDM sebagai acuan penganggaran APBDES tahun 2025, dalam kegiatan tersebut pendamping harus mengikutinya untuk mengetahui status desa.

“Untuk tahun ini, ada dua desa di wilayah kecamatan Pakuhaji yang statusnya mandiri, Desa Sukawali dan Desa Surya Bahari dan desa yang berkembang itu adalah Desa Kiara Payung dan desa lainnya berstatus Maju,” kata Dian seusai giat monitoring IDM.

Baca juga:  M Shofa Marwah Kembali Maju Siap Membangun Desa Mekar Kondang Jadi Lebih Baik

Kepala Desa Kohod Arsin Bin Asip berharap untuk Desa Kohod dari tingkatan Status Desa Maju menjadi Desa yang Mandiri. Ia juga mengucapkan Terima kasih kepada Tim monitoring dari Dinas DPMPD Kabupaten Tangerang melalui Kasie Pemerintahan Kecamatan Pakuhaji yang sudah melakukan kegiatan Monitoring IDM di Desa Kohod.

“Saya ucapkan Terima kasih kepada Tim Monitoring dari Dinas DPMPD Kabupaten Tangerang, Bapak Camat Pakuhaji, Kasie Pemerintahan Kecamatan Pakuhaji dan semua peserta yang hadir dari semua desa yang ada di wilayah kecamatan Pakuhaji. Mudah mudahan desa desa ini bisa lebih maju dan mandiri lagi, terlebih untuk Desa Kohod sesuai Motto “Membangun Desa Lebih Maju,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *