Health  

AWAS! Dinkes Menghimbau DBD Menyerang Saat Musim Hujan, ini Tips Pencegahannya

Pencegahan DBD
Dinkes memberikan Tips Pencegahan DBD kepada seluruh masyarakat Kota Tangerang dan sekitarnya.

LINTAS24NEWS.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) meminta masyarakat mewaspadai penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di musim hujan saat ini.

Perlu diketahui, dalam hal tersebut dikarenakan banyak tempat yang menjadi potensi perkembangan nyamuk, sehingga kondisi ini harus diwaspadai dengan tetap menjaga kesehatan serta kebersihan.

Kepala Dinas Kesehatan dr Dini Anggraini mengatakan sampai saat ini terdapat sedikit peningkatan kasus, tetapi bukan suatu lonjakan yang signifikan. Namun kewaspadaan itu menjadi perhatian pihaknya, karena adanya mobilitas orang cukup besar yang pulang ke Kampung halamannya pada liburan natal dan tahun baru (Nataru).

“Semua itu memiliki risiko atau juga ada orang yang mobilitas liburan di daerah-daerah yang menjadi endemi malaria, karena penyakit ini ditularkan melalui nyamuk. Maka kita harus memberikan perhatian khusus, untuk lebih waspada dan bersama-sama saling menjaga, lebih lagi dengan cuaca saat ini masyarakat harus saling peduli terhadap kesehatan dan kekebalan tubuh masing-masing, segera lakukan pemeriksaan diri jika terjadi demam tinggi yang naik turun, serta tes di layanan kesehatan terdekat,” kata dr Dini Anggraini, Senin (2/1/2023).

Baca juga:  Reskrim Polsek Curug, Buka Gerai Vaksin di Kampung Onyam
Pencegahan DBD
Dinkes menghimbau agar seluruh masyarakat waspada terhadap DBD saat musim hujan.

Lanjutnya, ia juga menyampaikan sebuah tips yang bisa dilakukan masyarakat Kota Tangerang yaitu terdapat tujuh cara pencegahan DBD.

“Memasang kasa atau jaring anti nyamuk di ventilasi baik pintu maupun jendela rumah, agar nyamuk dari luar tidak masuk kedalam, memasang kelambu, pakai losion atau krim, menguras bak dan ember mandi setiap seminggu sekali, bersihkan seluruh wadah yang menampung air untuk memutus siklus nyamuk, jangan menumpuk dan menggantung baju terlalu lama, menanam tanaman anti nyamuk seperti lavender, papermint, tapak dara, serta serai wangi ” ucapnya.

Di tempat yang sama, dr Dini Anggraini juga menghimbau agar seluruh masyarakat mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat agar stamina tubuh tetap terjaga dan tetap fit.

Baca juga:  Selain Obati Beragam Penyakit, Terapi Api Bang Maman Bisa Sadarkan Orang Kesurupan

“Pastikan kalian menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, dan tidak mudah terkena DBD, makan teratur dan konsumsi vitamin dan mineral seperti sayur-sayuran, buah-buahan, ataupun dari suplemen makanan, kemudian kita jangan lupa luangkan waktu untuk berolahraga selama 30 menit dalam sehari seperti jogging, bersepeda dan pastikan istirahat yang cukup,” imbuhnya.

(Ibong/Ndi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *