Berita  

Serahkan Peta Bidang Penguasaan Tanah, Menteri ATR/Kepala BPN Harap Lurah Kotasari bisa Kontrol Wilayahnya

Pertanahan nasional
Penyerahan Peta Tematik Penguasaan Tanah kepada Lurah Kotasari, Kita Cilegon Banten.

LINTAS24NEWS.com, BANTEN – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Hadi Tjahjanto dalam rangkaian kunjungannya ke Provinsi Banten selain membagikan sertipikat door to door di Kelurahan Kotasari, Kota Cilegon, Banten, Hadi juga menyerahkan Peta Tematik Penguasaan Tanah Kelurahan Kotasari kepada Lurah Kotasari pada Kamis (28/7/2023).

Hadi menyerahkan Peta Tematik Penguasaan Tanah Kelurahan Kotasari langsung kepada Lurah Kotasari, Aliyah.

“Saya serahkan peta bidang penguasaan tanah untuk lurah, karena selama ini lurah tidak memiliki peta bidang yang sudah lengkap, apa yang sudah terdaftar,” ujar Hadi Menteri Pertanahan Nasional.

“Sehingga Ibu Lurah ini bisa mengontrol wilayahnya, mana ruang terbuka hijau, mana tempat masyarakat atau perumahan, dan mana pabrik, dan ini juga (Peta Tematik Penguasaan Tanah-red) akan kami serahkan kepada seluruh kepala desa atau lurah di Indonesia apabila wilayah sudah terdaftar,” lanjut Hadi.

Baca juga:  KNPI Kecamatan Pakuhaji Peringati HUT Perdana, Peran Pemuda di Era Perubahan

Peta tematik penguasaan tanah Kelurahan Kotasari yang diserahkan oleh Menteri ATR/Kepala BPN merupakan peta yang menggambarkan bahwa sudah 97 persen bidang tanah yang ada di Kelurahan Kotasari sudah terindentifikasi bidang tanah mana saja yang sudah terpetakan berikut sebaran jenis hak atas tanahnya, jumlah bidang yang belum bersertifikat, dan bidang-bidang yang masuk dalam kategori k1, k2, k3 dan k4.

Berdasarkan Peta tematik penguasaan tanah tersebut, perangkat daerah dapat melihat mana kawasan yang penggunaannya permukiman, area pabrik atau industri yang dapat menjadi acuan untuk pengambilan keputusan dalam perizinan pemanfaatan tanahnya.

Kantor Pertanahan Kota Cilegon tahun ini sedang melakukan kegiatan peningkatan kualitas data pertanahan di seluruh kelurahan sehingga ditargetkan pada akhir tahun 2023 Kota Cilegon dapat menjadi Kota Lengkap.

Baca juga:  Bpn Banten Menyapa Dari Udara, Ajak Masyarakat Kota dan Kabupaten Serang Ikut PTSL

(Adi/rdk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *