Health  

Sebanyak 30 Balita di Desa Buni Ayu Kecamatan Sukamulya Mendapat Suplemen Vitamin A

LINTAS24NEWS.com – Guna menurunkan kasus stunting Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Sukamulya adakan giat pemberian suplemen vitamin A kepada 30 balita di Posyandu Melati 5, yang berlokasi di Kampung Kemuning, Desa Buni Ayu, Kecamatan Sukamulya, Selasa (14/2/2023).

Sementara itu, Kepala Puskesmas Sukamulya, drg Eko Hartati MARS mengatakan, pemberian vitamin A pada balita ini dilakukan sebagai upaya pemerintah dalam melakukan pemeliharaan kesehatan bagi anak.

“Maka dari itu, kita selalu lakukan yang terbaik untuk masyarakat, agar semua anak-anak di Kabupaten Tangerang sehat dan kasus stunting pun turun bahkan hilang,” katanya.

Lanjutnya, ia juga menuturkan bahwa vitamin A tersebut memiliki beragam manfaat khususnya bagi bayi dan balita, seperti baik untuk kesehatan mata, meningkatkan daya tahan tubuh dan dapat membantu proses tumbuh kembang bagi anak.

“Dalam kegiatan ini kami juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat akan pentingnya kesehatan bagi anak agar mereka dapat tumbuh sehat, dengan vitamin A ini pertumbuhan dan perkembangan balita akan menjadi optimal, sehingga balita akan terlindung karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh,” tuturnya.

Baca juga:  Kasus Stunting di Kabupaten Tangerang Mengalami Penurunan Dari Tahun Sebelumnya

Kendati demikian, selain memberikan vitamin A katanya dia (red-drg Eko), dalam kegiatan ini juga dilakukan pengukuran berat dan tinggi badan serta pemberian gizi tambahan kepada ibu kader posyandu dilokasi tersebut.

“Giat ini merupakan upaya kami dalam menurunkan angka kasus stunting, selain melakukan pemberian vitamin untuk balita, kami juga melakukan penimbangan agar kita bisa memantau tumbuh kembang anak agar dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat pada umumnya dan kesehatan ibu dan balita khususnya,” sambungnya.

Dia berharap, melalui kegiatan ini masyarakat dapat memanfaatkan kehadiran Posyandu, karena merupakan wadah peran serta masyarakat menyelenggarakan sistem pelayanan kesehatan bagi warga, terutama dalam hal pemenuhan kebutuhan dasar untuk peningkatan kualitas manusia.

Baca juga:  Santri Ponpes HKY Beri Bantuan Untuk Korban Rumah Ambruk Dampak Gempa di Sukadiri

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini anak-anak dan orang tua bisa mengerti tentang manfaat kegiatan Posyandu dan pemberian vitamin A, sehingga di wilayah ini khususnya anak anak dapat tumbuh dengan sehat,” ujarnya.

Diwaktu yang sama, Kepala Desa Buni Ayu Hamdani menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak terkait yang selalu membantu masyarakat di Desanya. Sehingga dengan adanya kegiatan ini merupakan salah satu cara agar anak balita di wilayahnya dapat terhindar dari stunting.

“Kepada semua instansi yang terlibat kami mengucapkan terimakasih karena selalu siap dan hadir dalam setiap kegiatan masyarakat, saya berharap kegiatan ini akan terus dilakukan dan mudah-mudahan para balita anak-anak kita dapat terhindar dari stunting,” ucap Kades Hamdani.

Baca juga:  Warga Kecamatan Sukadiri Sajikan Daun Kelor Sebagai Sayur, Ini Caranya

Perlu diketahui, pemberian vitamin A ini telah diprogramkan dan rutin dilakukan oleh pemerintah baik pusat maupun daerah. Suplementasi vitamin A adalah program intervensi pemberian kapsul bagi anak usia 6-59 bulan dan Ibu nifas, yang bertujuan untuk mencegah kebutaan serta menanggulangi kekurangan vitamin A yang masih cukup tinggi di Indonesia.

(Bandi/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *