Health  

Puskesmas Salembaran Jaya, Kecamatan Kosambi Lakukan Pemeriksaan Hormon Tiroid Pada Bayi Baru Lahir

LINTAS24NEWS.com – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Salembaran Jaya, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, lakukan pemeriksaan kadar hormon tiroid pada bayi baru lahir.

Pemeriksaan skrining hipotiroid kongenital (SHK) pada bayi baru lahir tersebut guna meningkatkan kualitas hidup anak.

Hal itu dikatakan oleh Kasubag TU Puskesmas Salembaran Jaya Mulyadi mengatakan pemeriksaan tersebut bertujuan untuk mendeteksi sejak dini adanya potensi kekurangan hormon tiroid yang dapat memicu gangguan metabolisme.

“Langkah ini merupakan upaya untuk mengetahui kadar hormon tiroid pada bayi baru lahir dan biasanya pemeriksaan dilakukan pada bayi baru lahir yang usia 48-72 jam pasca lahir,” katanya.

Baca juga:  Program UEP Dinsos Provinsi Banten Sejahterakan Masyarakat di Kabupaten Tangerang

Lanjutnya, Mulyadi menuturkan pemeriksaan tersebut dilakukan dengan mengunjungi rumah warga di wilayah kerja Puskesmas Salembaran Jaya yaitu Desa Rawa burung, Rawa Rengas, Salembaran Jaya, Salembaran Jati dan Belimbing.

“Terdata hingga akhir Januari 2023, sudah ada 15 bayi baru lahir yang telah dilakukan pemeriksaan SHK,” tuturnya.

Perlu diketahui, bahwa pemeriksaan SHK dilakukan dengan pengambilan sampel darah pada tumit bayi yang berusia minimal 48 sampai 72 jam dan maksimal 2 minggu oleh tenaga kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan pemberi layanan Kesehatan Ibu dan Anak (baik FKTP maupun FKRTL), sebagai bagian dari pelayanan neonatal esensial.

Baca juga:  Pemkot Tangerang Melalui Dinkes Gelar Kick Off Skrining TBC Mobile

Kendati demikian, pemeriksaan ini juga diketahui berguna untuk mencegah terjadinya gangguan fungsi tiroid yang dapat menyebabkan kanker tiroid, auto-imun, gangguan kesuburan, depresi, dan defisiensi iodium.

(Bandi/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *