Berita  

Kemendagri Monitoring dan Evaluasi Pertumbuhan Ekonomi Dan Pengendalian Inflasi di Desa Cibeber

Monev
Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melakukan monitoring dan evaluasi.

LINTAS24NEWS.com – Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melakukan monitoring dan evaluasi pertumbuhan ekonomi serta pengendalian inflasi di Desa Cibeber, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Selasa (7/3/2023).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemdes Kemendagri Eko Prasetyanto Purnomo Putro didampingi Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Desa Chaerul Dwi Sapta, serta Direktur Evaluasi Perkembangan Desa Mohammad Noval.

Eko menjelaskan, kunjungan kerja ini merupakan sebuah upaya Ditjen Bina Pemdes melakukan pembinaan, sekaligus pengawasan terhadap desa setelah sembilan tahun terbitnya Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

“Melalui kunjungan ini kita melihat kemajuan yang luar biasa dari Desa Cibeber yang rencana akan menjadi nominasi untuk lifeside desa-desa di Indonesia,” ujarnya.

Baca juga:  Kemendagri Dorong Pj Gubernur Provinsi Baru di Papua Segera Bekerja

Lebih lanjut Eko menambahkan, kunjungan kali ini juga merupakan tindak lanjut dari program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD).

“Hal ini menjadi bentuk sinergitas antara Kemendagri dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, kemudian dengan Kabupaten Purwakarta, Kecamatan Kiarapedes dan juga bersama-sama dengan seluruh kepala desa, perangkat desa dan warga dari Cibeber,” ungkap Eko.

Eko berharap berbagai upaya yang telah dilakukan dapat mempercepat akselerasi proses penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, serta pemberdayaan masyarakat desa.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Purwakarta Norman Nugraha mengatakan, pihaknya telah memaparkan kondisi inflasi dan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Purwakarta termasuk di tingkat desa. Pihaknya mengaku terus melakukan intervensi melalui berbagai program pengendalian inflasi maupun mendorong pertumbuhan ekonomi.

Baca juga:  Polsek Pakuhaji Polrestro Tangerang bersama RW ikuti Zoom Meeting bareng Kapolda PMJ

“Selain itu, tadi juga sudah dipaparkan dari kepala desa tentang upaya-upaya pemanfaatan dana desa yang sudah diberikan oleh pemerintah pusat ke seluruh desa di wilayah Indonesia,” ungkap Norman.

Kepala Desa Cibeber A. Anwar Sadat mengapresiasi kunjungan Dirjen Bina Pemdes beserta jajarannya. Menurutnya, kegiatan tersebut menjadi tambahan motivasi dan semangat dalam membangun desa.

“Mudah-mudahan ini bisa lebih menguatkan semangat kami dalam membangun desa, pemberdayaan, dan kesejahteraan masyarakat desa, dan tentunya kami berharap bahwa desa menjadi tulang punggung kemajuan negara Indonesia,” pungkasnya.

(Adi/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *