Berita  

Dinkes Kota Tangerang Siapkan 613.200 Dosis nOPV2

LINTAS24NEWS.com – Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio akan digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) secara serentak di 13 kecamatan, pada 23 Juli hingga 17 Agustus mendatang.

Dengan target sasaran sebanyak 245.257 anak atau anak usia 0-7 tahun dengan rentang kelahiran mulai 24 Juli 2016.

Kepala Dinkes Kota Tangerang dr. Dini Anggraeni menjelaskan, dalam program ini selain menyiapkan tenaga kesehatan juga telah menyiapkan 613.200 dosis nOPV2 atau 12.264 vial, untuk dua putaran. Terinci, dari target sasaran, disiapkan 306.600 dosis atau 6.132 vial di setiap putarannya.

“Ayo kita sukseskan PIN Polio di Kota Tangerang. Ajak anak usia 0-7 tahun untuk PIN Polio dan mendapatkan dua kali pemberian tetes polio di puskesmas, posyandu, rumah sakit, hingga sekolah,” ajak dr. Dini, Rabu (10/7/2024).

Baca juga:  Terkait Gagal Bayar 16 Proyek di Kota Tangerang Rp40 Miliar, Kadis PUPR Belum Merespon

Ia pun menjelaskan, PIN Polio ini diselenggarakan sebagai respons atas temuan kasus polio di beberapa daerah di Indonesia. Tujuannya, untuk memutus rantai polio dan melindungi anak-anak Indonesia tak terkecuali Kota Tangerang.

“Dari target yang ditetapkan, Dinkes Kota Tangerang membagi dua strategi besar. Yaitu, pada usia 0-5 tahun dilakukan di wilayah secara langsung melalui faskes setempat dan usia 5-7 tahun dilakukan di sekolah. Tidak perlu khawatir, vaksin polio aman dan telah melalui uji klinis ketat, efek samping serius sangat jarang terjadi,” jelasnya.

Kata dr. Dini, jika ada keraguan, masyarakat bisa langsung tanyakan pada petugas kesehatan.

Baca juga:  Cegah Covid-19, Ketua Repdem Laksanakan Penyemprotan Desinfektan

“Ingat, setiap tetes vaksin polio melindungi tidak hanya anak Anda, tapi juga seluruh masyarakat. Bersama-sama, kita jaga Indonesia tetap bebas dari penyakit polio. Ayo, lindungi anak kita, lindungi masa depan bangsa,” ajak dr. Dini.

(Doni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *