Berikut Ini Hal-hal Yang Perlu Kamu Persiapkan Olahraga Lari

LINTAS24NEWS.COM – Olahraga lari menjadi salah satu jenis olahraga yang paling mudah dan murah untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Tetapi selain niat dan waktu luang, ternyata olahraga lari juga membutuhkan modal lho!

Tak mahal dan dan macam-macam, salah satu modal utama untuk melakukan olahraga lari adalah raga yang sehat dengan energi yang fit.

Kamu juga diminta menyiapkan beberapa hal lain sebelum melakukan olahraga lari. Salah satunya, makan makanan yang baik.

Selain itu dikutip dari siaran pers Amazfit, berikut ini hal-hal yang perlu kamu persiapkan untuk melakukan aktivitas fisik olahraga lari!

1. Siapkan sepatu lari
Jangan menyepelekan pentingnya alat kaki seperti sepatu saat hendak melakukan olahraga lari. Tak perlu mahal, cukup pastikan nyaman dan aman saat digunakan. Perlu diingat, berlari menggunakan sepatu yang tidak diperuntukkan untuk olahraga lari dapat menyebabkan cedera.

Baca juga:  3 Kecamatan ini Akan Jadi Tempat Kompetisi Tangerang Junior League 2022 - 2023

2. Peregangan atau stretching
Lakukan pemanasan berupa peregangan sebelum lari, ini sangat dianjurkan. Peregangan secara aktif juga dapat melenturkan otot-otot tubuh. Hal lain yang perlu diingat adalah otot seperti karet. Jika kamu masukkan karet di kulkan lalu mencoba menariknya, karet tersebut dipastikan akan patah. Tapi kalau ditarik setelah dihangatkan, karet dapat ditarik lebih mudah.

3. Tentukan rute
Saat keluar untuk olahraga lari, sebaiknya kamu sudah menentukan arah dan tujuan atau rute larimu. Pastikan kamu mengetahui rutenya dan aman untuk dilalui pelari. Jangan lupa untuk coba mengajak teman lari bersama. Bersama orang lebih baik daripada sendirian.

Baca juga:  Duel Pertandingan Uruguay vs Korea Selatan Berakhir Imbang Skor 0-0

4.Pendinginan
Setelah selesai lari, hal penting lainnya adalah menurunkan detak jantung. Kamu bisa mengecek detang jantungmu dengan smartwatch atau jam tangan pintar.

Amazfit GTR 2e dan GTS 2e misalnya, dapat menghitung detak jantung hingga jumlah langkah, jarak tempuh dan kalori yang terbakar setelah latihan fisik.

Fungsi cerdas yang terdapat pada jam tangan pintar ini secara otomatis dapat mengaktifkan fitur monitoring kebugaran begitu penggunanya mulai menggerakkan tubuh. Sistem ini juga dapat menghasilkan laporan analisis setelah pengguna selesai berolahraga.

Meski sangat lelah, baiknya tidak langsung duduk setelah lari. Sangat penting bagi jantung untuk menurunkan detaknya secara perlahan. Pendingan statis adalah pilihan tepat untuk meringankan detak jantung.

Baca juga:  Korea Selatan vs Ghana Memanas Hingga Skor Menjadi 2-3 

5. Tetap terhidrasi
Pastikan kamu menggantikan cairan yang terbuang saat lari dengan minum air putih yang cukup. Pastikan juga asupan cairan seharianmu tercukupi. Terakhir, jangan lupa mandi dan bersihkan diri dari kotorang keringat dan debu yang menempel di tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *