Health  

Warga Kecamatan Sukadiri Sajikan Daun Kelor Sebagai Sayur, Ini Caranya

LINTAS24NEWS.com – Daun kelor telah lama dipercaya oleh Warga Negara Indonesia (WNI) untuk dijadikan sebagai obat herbal alami dalam penyembuhan penyakit.

Daun kelor juga memiliki kandungan yang tinggi akan vitamin C, kalsium, beta karoten dan potassium yang bekerja efektif sebagai sumber anti oksidan alami, serta tingginya kandungan nutrisi dalam daunnya, kelor dijuluki sebagai ‘tree of life’.

Daun Kelor (Moringa Oleifera Lamk) sangat banyak mengandung protein dan pada bagian dari tanaman yang memiliki nutrisi tinggi adalah daunnya.

Sementara itu, Haryati (45) salah satu warga Kampung Sukadiri, Desa Sukadiri, Kecamatan Sukadiri mengatakan bahwa dirinya memanfaatkan Daun kelor sebagai sayur untuk dikonsumsi sebagai pendamping makanan sehari-hari.

Baca juga:  Batuk di Malam Hari Tak Kunjung Sembuh? Kenali Penyebab dan Simak Cara Mengatasinya

“Kita bisa sajikan dan konsumsi daun kelor menjadi sayur, ya caranya daun tanaman tersebut dipetik sebanyak tiga tangkai atau secukupnya saja, terus dicuci bersih lalu ditiriskan, kemudian panaskan air sampai mendidih, lalu masukan daun kelor, tambahkan potongan jagung muda, daun salam, sedikit garam dan gula,” kata Haryati kepada lintas24news.com, Jumat (27/1/2023).

Haryati menambahkan, masakan sayur kelor dapat dikonsumsi selagi masih hangat, karena efek antioksidan kelor masih kuat, selain berkhasiat sebagai obat, daun kelor juga sumber makanan yang lezat.

“Ya pasti semuanya sudah tahu kandungan yang ada pada daun kelor, karena dari dulu hingga sekarang keluarga kami selalu konsumsi daun kelor sebagai sayur,” pungkasnya.

Baca juga:  Jangan Salah, Ini Deretan Makanan yang Harus Dihindari Sebagai Menu Sahur

Lanjut Haryati, daun kelor juga bermanfaat bagi kesehatan seperti obat panas bagi anak-anak, luka yang tak kunjung kering, perawat kulit bagi kecantikan.

“Mudah-mudahan dengan tanaman herbal yang ada disekitar kita bisa menjadi obat alami dan bisa bermanfaat bagi masyarakat Indonesia,” imbuhnya.

(Bandi/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *