Health  

Merasa Lemas Saat Puasa? Simak Tujuh Cara Ini

lemas saat puasa
Photo: Ilustrasi

LINTAS24NEWS.com Merasa lemas saat puasa adalah hal yang umum terjadi. Apalagi, kalau Anda juga tetap beraktivitas seperti biasanya. Tak perlu khawatir, karena kamu bisa mencoba beberapa cara mencegah serta mengatasi rasa lemas.

Sebagian orang yang puasa di bulan Ramadan identik dengan rasa lemas, haus, dan juga mengantuk. Di bulan puasa umat islam menahan makan dan minum dari terbit fajar hingga waktu maghrib. Maka dari itu, penting untuk mempersiapkan diri.

Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang tepat antara waktu buka puasa dan sahur. Begitu juga dengan melakukan kebiasaan yang menyehatkan selama bulan puasa.

Melansir Cleveland Clinic, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam mengatasi, agar badan tak merasa lemas saat puasa. Selain itu, aktivitas harian pun dapat tetap berjalan seperti biasa tanpa hambatan.

1. Jangan Melewatkan Sahur

Sama seperti halnya sarapan, sahur juga sangat penting karena menjadi cara mengatasi badan merasa lemas saat puasa. Saat berpuasa, sahur akan membantu kadar cairan tubuh tetap terjaga, serta memberikan energi dan nutrisi yang diperlukan tubuh untuk beraktivitas, hingga waktunya Anda berbuka.

Makan sahur juga dapat mencegah Anda makan berlebihan saat buka puasa akibat terlalu lapar. Sahur yang sehat harus memperhatikan asupan yang bergizi seimbang serta mencukupi kebutuhan cairan harian agar bisa berpuasa dengan lancar.

2. Konsumsi Makanan Sehat Saat Sahur dan Buka Puasa

Baca juga:  Lima Manfaat Bawang Putih, Ini Kata dr. Zaidul Akbar

Cara agar tidak lemas saat puasa yang penting untuk Anda lakukan. Mengonsumsi makanan manis dan berlemak selama bulan puasa memang tidak dilarang. Hanya saja, jangan sampai Anda mengonsumsinya terlalu banyak.

Perlu diingat, Anda hanya memiliki sedikit waktu untuk makan dan minum saat bulan puasa. Tidak ada salahnya untuk mengonsumsi asupan yang sehat serta mengandung gizi seimbang.

Makanan yang sehat penting untuk membuat tubuh bisa berfungsi dengan baik, termasuk mencegah lemas saat puasa. Berikut ini beberapa bahan makanan yang sebaiknya dikonsumsi:

Karbohidrat kompleks.
Karbohidrat kompleks bisa Anda dapatkan dari beras merah, kacang-kacangan, dan ubi.

Manfaat karbohidrat kompleks adalah perlu waktu yang lebih lama untuk dicerna tubuh, sehingga Anda bisa kenyang lebih lama, mengatasi lemas, dan juga mencegah lapar berlebihan saat puasa.

Makanan tinggi serat.
Makanan tinggi serta juga memerlukan waktu yang lebih lama untuk dicerna tubuh, sehingga dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Anda dapat mengonsumsi kurma, sayur dan buah, gandum utuh, kentang, hingga biji-bijian.

Makanan tinggi protein.
Makanan tinggi protein seperti telur, keju, ayam, atau daging sapi, juga dipercaya dapat membantu menyediakan tenaga bagi tubuh untuk beraktivitas seharian, meski sedang berpuasa.

3. Mencukupi Kebutuhan Cairan

Satu hal yang sangat penting untuk menghindari rasa lemas saat puasa adalah memastikan Anda cukup minum air saat sahur dan berbuka puasa. Sebab, meski sedang puasa, kebutuhan cairan di tubuh tidak berkurang.

Baca juga:  Dinkes Kota Tangerang Terus Berupaya Memberikan Pelayanan Vaksinasi Covid 19

Selain minum air mineral, Anda juga bisa mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak cairan seperti sup, buah, dan sayuran.

4. Makan Cukup Saat Buka Puasa

Membatasi jumlah makanan yang masuk saat berbuka adalah salah satu tips agar tidak cepat lemas saat puasa yang ampuh. Sebab jika terlalu banyak makan, Anda akan cepat merasa ngantuk dan lelah.

Memang saat berbuka, semua makanan terlihat menggiurkan. Namun sebelum mengonsumsi makanan berat, ada baiknya Anda memulai berbuka dengan mengonsumsi makanan ringan seperti kurma dan air putih.

Kurma adalah sumber energi yang baik bagi tubuh. Buah kurma juga membantu mengeluarkan enzim pencernaan sebagai persiapan untuk masuknya makanan ke tubuh. Anda juga disarankan untuk tidak makan terlalu cepat dan memberikan waktu bagi tubuh untuk mencerna makanan yang masuk.

5. Berolahraga Semampunya

Olahraga teratur tetap bisa Anda lakukan selama bulan puasa. Hanya saja, untuk menghindari terjadinya dehidrasi, Anda disarankan untuk menunda olahraga hingga tiba waktunya berbuka puasa.
Dengan begitu, tubuh akan berada dalam keadaan terbaiknya dan Anda juga bisa untuk minum.

Tunggu 2-3 jam setelah makan untuk mulai berolahraga. Hal ini juga untuk memberikan waktu agar tubuh mencerna makanan tersebut dengan sempurna.
Jangan lupa banyak minum air saat sedang atau setelah berolahraga untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Baca juga:  Pemkab Tangerang Terus Berupaya Meminimalisir Angka Kasus Stunting

6. Tidur Siang Sebentar

Bangun di waktu sahur bisa membuat sebagian orang jadi kurang tidur, sehingga lebih cepat mengantuk sekaligus lemas saat puasa di siang hari.

Kalau memungkinkan, tidak ada salahnya untuk tidur siang sebentar (power nap). Alasannya, karena tidur siang bermanfaat untuk relaksasi, mengurangi kelelahan, dan meningkatkan mood.

Namun, jaga agar waktu tidur tetap singkat, yaitu sekitar 10-20 menit. Semakin lama Anda tidur siang, semakin besar kemungkinan merasa pusing setelahnya.

7. Jangan Beraktivitas Terlalu Berat

Sebenarnya, saat berpuasa pun Anda boleh-boleh saja beraktivitas seperti biasa, karena merupakan ibadah. Namun, kondisi yang tidak terlalu bugar juga bisa membuat tubuh menjadi lemas saat puasa.

Untuk itu coba batasi aktivitas fisik dan lakukan seperlunya. Misalnya, tidak memaksakan diri naik turun tangga, berjalan kaki terlalu jauh, dan lain-lainya.

(Adi/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *